Pada Dasarnya Bahasa Pemrograman itu sama, yang membedakan adalah sintak dan simbol yang digunakan. Sebelum kalian tau sintak dasar  C++ ini, kalian harus tau juga apa  C++ itu sendiri

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek.


Pertama kita harus mengetahui bagaimana suatu program dapat tersusun dengan baik atau biasa disebut dengan struktur program. 



Struktur Dasar Program C++

Struktur dasar program C++ terdiri dari 3 bagian:





  1. Bagian deklarasi include
  2. Bagian deklarasi namespace
  3. Bagian deklarasi fungsi

1. Bagian deklarasi include

    Disini, kita mendefinisikan library (Pustaka) apa saja yang akan kita gunakan di program yang akan kita buat.Library berisi fungsi-fungsi untuk melakukan input dan output.

Contoh library pada C++:


  • #include<iostream.h>
  • #include<stdio.h>
  • #include<conio.h>


Dan masih banyak lagi library lain


2. Bagian deklarasi namespace

    Pada contoh di atas, kita menggunakan namespace std. karena fungsi-fungsi pada iostream dibungkus dalam namespace std.

bila kita tidak menggunakan namespace std, maka untuk menggunakan fungsi cout dan fungsi lain yang ada pada iostream harus diawali dengan "std::" . 
contohnya seperti ini: 

std::cout << "Hello World!" << endl;
std::cin << "Belajar C++!" << endl;

maka agar lebih efektif kita menggunakan using namespace std di awal.

3. Bagian Fungsi

   Bagian ini adalah bagian terpenting,  di sinilah kita akan banyak menulis kode program. 
pada contoh di atas, terdapat fungsi main.
Fungsi main() ini adalah fungsi yang akan dieksekusi pertama kali saat program dibuka. fungsi ini wajib ada di setiap program yang ingin kita buat untuk dieksekusi. fungsi ini disebut juga fungsi utama.

Penulisan Statement dan Ekspresi

   Statemen dan ekspresi adalah perintah-perintah yang ditulis di dalam fungsi.Penulisan statement dan ekspresi harus diakhiri dengan titik-koma (;). contohnya : cout<<"hello world"; Apabila tidak menggunakannya, maka program akan error.

White Space 

biasanya dibuat dengan tab dan spasi. C++ tidak memiliki aturan yang ketat dalam penulisan White space. contohnya seperti ini

Program ini akan tetap valid dan bisa dikompilasi dan hasil compile akan sama saja.
Namun, agar program mudah dibaca sebaiknya gunakan white space secara bijak. Karena kode program kita tidak hanya akan dibaca oleh komputer saja dan juga agar ketika kita ingin mengubah atau mengedit kita tidak kebingungan dengan kode yang kita buat sendiri.

Penulisan Blok Kode

Blok kode adalah kumpulan dari beberapa statemen yang dibungkus dengan tanda kurung kurawal {...}.
Demikian lah dasar-dasar yang harus kalian pahami ketika ingin belajar Pemrograman C++