Java mempunyai kata kunci(Keywords) yang digunakan dalam bahasa pemrograman. berikut adalah macam-macam kata kunci dan fungsinya :

  1. abstract : digunakan untuk menyatakan sebuah kelas atau method menjadi abstrak
  2. assert : digunakan untuk membuat pernyataan yang selalu benar. Apabila terjadi kesalahan saat program dijalankan, keyword ini dapat membantu proses debugging.
  3. boolean : digunakan untuk menyimpan variabel yang bernilai benar atau salah.
  4. break : digunakan untuk melewati statement yang tidak diinginkan program dan melanjutkan ke statement selanjutnya.
  5. byte : digunakan untuk menyimpan tipe data integer yang dapat menampung ukuran 8bit.
  6. case : digunakan untuk memberikan pilihan (opsi) dari pernyataan switch.
  7. catch : sebuah blok pernyataan(statement) yang dieksekusi jika pengecualian dijalankan pada blok pendefinisian oelh kata kunci try sebelumnya.
  8. char : digunakan untuk menyimpan tipe data character.
  9. class : digunakan untuk mendefinisikan dan mengimplementasikan objek.
  10. const : digunakan untuk menyimpan sebuah variabel yang nilainya tidak dapat dirubah
  11. continue : digunakan untuk menjalankan eksekusi program perulangan
  12. default : digunakan dalam pernyataan switch, untuk statement yang akan dieksekusi jika seluruh case tidak sesuai dengan nilai yang ditentukan.
  13. do : digunakan untuk perulangan do-while 
  14. double : digunakan untuk menyimpan tipe data pecahan yang dapat menampung ukuran 64bit.
  15. else : digunakan untuk membuat pernyataan jika maka, bersama keyword if, yang mengeksekusi suatu statement, jika pernyataan bernilai benar maka statement if akan dijalankan dan sebaliknya.
  16. enum : digunakan untuk mendeklarasikan tipe enumberasi.
  17. extends : digunakan bila terjadi pewarisan, kelas yang mewariskan method dan attributenya disebut superclass, sedangkan yang mewariskan disebut subclass.
  18. final : digunakan untuk sebuah class tidak dapat menurunkan class lain,method tidak dapat dioverride oleh method lain, membentuk suatu attribute menjadi konstanta.
  19. finally : suatu blok yang akan selalu dieksekusi tidak peduli apakah exception terjadi atau tidak.
  20. float : digunakan untuk menyimpan tipe data pecahan yang dapat menampung ukuran 32bit.
  21. for : digunakan untuk looping (perulangan).
  22. if : digunakan untuk statement yang bersyarat (conditionl statement).
  23. implements : digunakan untuk mendefinisikan interface yang diimplementasikan oleh class
  24. import : digunakan untuk mengimport paket (package)
  25. instanceof : digunakan untuk menguji jika objek adalah turunan (instance) dari class.
  26. int : digunakan untuk menyimpan tipe data bilangan bulat yang dapat menampung ukuran 32bit.
  27. interface : tipe abstrak dengan method yang dapat diimplementasikan oleh class tersebut
  28. long : digunakan untuk menyimpan tipe data integer(bilangan bulat) yang dapat menampung ukuran 64bit.
  29. native : method yang diimplementasikan oleh host system.
  30. new : digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah class atau array.
  31. null : untuk memberikan nilai kosong atau tidak memiliki nilai
  32. package : digunakan untuk membungkus class java kedalam grup-grup tertentu yang telah ditentukan.
  33. private : digunakan untuk mengakses hanya dari method class tersebut.
  34. protected : digunakan untuk mengakses hanya dari class tersebut, turunan dari class tersebut, dan kelas lain yang berada disatu paket
  35. public : digunakan untuk mengakses method dari semua class.
  36. return : digunakan untuk mengembalikan sebuah nilai
  37. short : digunakan untuk menyimpan tipe data integer(bilangan bulat) yang dapat menampung ukuran 16bit.
  38.  static : suatu modifier yang digunakan agar suatu atribute atau pun method dapat diakses oleh class atau objek tanpa melakukan instansiasi terhadap class tersebut.
  39. super : digunakan untuk mengakses anggota class yang diwariskan oleh class
  40. switch : digunakan untuk sebuah statement pilihan.
  41. synchronized : digunakan untuk thread-safe, dimana pada waktu yang bersamaan, thread yang berbeda, membaca dan menulis pada variable, objek, dan resource yang sama.
  42. this : digunakan untuk mewakili sebuah instance dari class 
  43. throw : digunakan untuk melempar suatu bug atau kesalahan yang dibuat secara manual.
  44. throws : digunakan untuk delarasi metode untuk menentukan pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkan diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi.
  45. transient : menyatakan bahwa medan contoh bukan bagian dari default serial bentuk objek. ketika suatu objek serial.
  46. try : digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statement yang memiliki penanganan eksepsi. jika eksepsi dilempar kedalam blok try, sebuah blok catch dapat menangani jenis pengecualian.
  47. void : suatu method yang digunakan tidak untuk mencari nilai dalam suatu operasi.
  48. volatile : digunakan dalam mendeklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang diubah asynchronously oelh bersamaan menjalankan thread.
  49. while : digunakan untuk membuat suatu statement perulangan