Apa itu Class, Object, dan Method ?


Sebelumnya kita telah membahas apa itu perulangan while, do-while, dan for. kali ini kita akan membahas apa itu class, object dan method pada java. class, object, dan method ini sangat penting untuk kita ketahui ketika kita ingin membuat sebuah program. 

Class

          Class merupakan konsep pokok dibahasa pemrograman java ini. Class ini mendefinisikan bentuk dan perilaku obyek. Konsep/abstraksi yang diimplementasikan dijava harus dibungkus dalam class. Class adalah struktur dasar dari OOP(Object Oriented Programming). Class terdiri dari dua tipe yang disebut dengan field(atribut/properti) yang merupakan tipe data yang didefinisikan oleh class dan method(metode) merupakan operasi. 
Cara membuat Class :
          Sebelum kita menulis class, kita harus mempertimbangkan dimana akan menggunakan class, bagaimana class tersebut akan digunakan, nama yang tepat dan tuliskan seluruh informasi atau properti yang ingin kita isi pada class. cara pendeklarasiannya sebagai berikut.
                    <modifier> class <namaclass> (<parameter>*){
                             <statement> 
                    }
dimana :
         modifier = sebuah access modifier yang dapat dikombinasikan dengan tipe modifier lain
         namaclass = nama yang akan kita berikan

Object

         Object adalah sebuah instance(keturunan) dari sebuah class. setiap obyek dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek, dan juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku obyek. bisa dikatakan obyek adalah sebua perangkat lunak yang berisi sekumpulan variabel dan method yang berhubungan. variabel dan method dalam obyek secara formal diketahui sebagai variabel instance(turunan) dan method instance. hal ini dilakukan untuk membedakan dari variabel class dan method class.


Method

       Method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama dari metode lain untuk menjalankan fungsi yang spesifik. method memiliki karakteristik yaitu : 
  • Dapat mengembalikan suatu nilai atau tidak sama sekali
  • Dapat menerima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada parameter sama sekali. parameter bisa juga disebut argumen dari fungsi.
  • Setelah metode dieksekusi, metode akan kembali pada metode yang memanggilnya.
cara pendeklarasian method seperti berikut : 
                 <modifier> <returntype> <name> (<parameter>*){
                           <statement>*
                 }
dimana : 
         modifier = hak akses seperti public, private, dll.
         returntype = metode yang mengembalikan sebuah nilai seperti void.
         name = nama yang akan kita berikan.
         parameter = terdiri dari tipe parameter dan nama parameter.


Accessor methods
          ketika kita ingin objek lain untuk dapat mengakses data private, maka kita gunakan accessor method. accessor method digunakan untuk membaca nilai variabel pada class baik berupa instance maupun static. sebuah accessor method umumnya dimulai dengan penulisan get<instancevariable>.
Contoh implementasi accessor method :



public class student{
 private string nama:
 :
 :
 public string getnama(){
  return nama;
 }
}


Mutator Methods
          Mutator Method adalah method yang dapat memberi atau mengubah nilai variabel dalam class, baik itu berupa nilai variabel dalam class baik itu berupa instance maupun static.
Contoh implementasi mutator method :

public class student{
 private string nama:
 :
 :
 public void setnama(string temp){
  nama = temp;
 }
}